Pendampingan dan Pemeriksaan EDM dan e-RKAM MTsN 6 Aceh Utara Berjalan Dengan Lancar

Aceh Utara : Pendampingan dan pemeriksaan EDM dan e-RKAM di MTsN 6 Aceh Utara berjalan dengan lancar dan sesuai yang diharapkan, Senin, 24 Mei 2021.

Tim Fasilitator pendampingan dan pemeriksaan EDM dan e-RKAM dari Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara dilakukan oleh ustazah Noormala, S.HI, MM selaku fasilitator kementerian setempat.

Dalam proses pemeriksaan tersebut, item-item yang diperiksa ada 5 item, yaitu 1. Pengembangan Standar Isi, 2. Pengembangan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 3. Pengembangan Standar Proses, 4, Standar sarana Prasarana dan 5. Pembiayaan.

Dalam setiap item tersebut, dipertanggungjawabkan oleh satuan kelompok yang diketua oleh ketua masing-masing.

Pengembangan Standar Isi di ketuai oleh kepala TU, yaitu ustaz Maulizar, Pengembangan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di ketuai oleh Kaur Kesiswaan, yaitu ustaz Muhammad Nasir, S.Pd.I, M.Pd, Pengembangan Standar Proses diketuai oleh Kepala Laboran Komputer, yaitu ustaz Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd, Standar sarana Prasarana diketuai oleh Kaur Sapra ustazah Lisa Sartifa, S.Pd, dan Pembiayaan langsung di ketuai oleh Bendahara MTsN 6 Aceh Utara, yaitu ustazah Marliana, S.Pd. Di dampingi oleh Operator Madrasah, ustaz Marzuki, SH.

Dalam kata pembukaan dan sambutan, Drs. Ustaz M. Jafar, MA selaku kepala MTsN 6 Aceh Utara menyampaikan bahwa secara garis besar semua bahan yang dibutuhkan telah disiapkan dan tinggal melengkapi saja dimana ada kekurangannya.

Sebelum memulai pemeriksaan, ustazah Noormala, S.HI, MM menyampaikan bahan semua berkas-berkas e-RKAM ini sangat penting dan merupakan jantung dari madrasah, ini sangat mempengaruhi terhadap dana BOS tahun depan, yaitu tahun anggaran 2022, maka setiap madrasah wajib secara serius dan bertanggungjawab dalam melengkapi setiap bahan dan berkas yang dipersiapkan dalam e-RKAM, baik yang di upload atau bukti fisik.

Ustazah Noormala melanjutkan, bahwa Kaur Kurikulum sangat berperan dalam meningkatkan proses penunjang peningkatan mutu madrasah, jadi memang kaur kurikulum itu wajib aktif semaksimal mungkin, baik dalam pengembangan madrasah secara intern atau pun ekstern.