Ustaz Zulkifli Membagikan Buku Informatika Secara Gratis Kepada Siswa Kelas VIII

Aceh Utara: Dalam rangka kelancaran pembelajaran Informatika/TIK di lingkungan MTsN 6 Aceh Utara, ustaz Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd membagikan buku Informatika tersebut kepada siswa kelas VIII (Delapan) secara gratis, Sabtu, 14 Agustus 2021.

MTsN 6 Aceh Utara merupakan salah satu madrasah dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara yang senantiasa mengajar Informatika sejak tahun 2006 sampai dengan sekarang.

Selama Proses Belajar Mengajar (PBM) Informatika, ustaz Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd merupakan pengajar tunggal yang senantiasi mensiasati agar siswa MTsN 6 Aceh Utara terampil dalam mengelola teknologi.

Dari sejak tahun 2006 sampai dengan tahun 2019, sistim mengajar Informatika di MTsN 6 Aceh Utara dengan menggunakan modul yang disusun oleh guru pengajar Informatika/TIK yaitu ustaz Zulkifli, modul tersebut merupakan perpaduan teori dan praktek langsung, sehingga siswa diajak untuk belajar praktis dengan kompuer yang ada di Lab Komputer MTsN setempat.

Kemudian pada tahun 2020, ustaz Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd menyempurnakan modul tersebut dan menjadikan dalam bentuk buku yang dicetak Agustus 2020 dengan percetakan Rumoh Aceh di Banda Aceh.

Demi kelancaran Proses Belajar Mengajar (PBM), ustaz Zulkifi membagikan buku Informatika ersebut kepada siswa kelas VIII (Delapan) secara gratis, ini pun dibagi per satu buku untuk dua orang siswa.

“Ya, saya membagikan buku Informatika Kelas VIII kepada siswa kelas VIII secara gratis, agar memudahkan mereka untuk belajar Informatika, karena setiap siswa pada dasarnya wajib memiliki bahan ajar tersebut, baik dengan membeli buku atau mengcopy nya atau dengan mencatatnya, terserah kemauan siswa, yang penting saat masuk Lab Komputer mereka memiliii bahan bacaan untuk dipraktekkannya. Mengenai hanya saya bagikan kepada siswa kelas VIII ini tergantung uang yang bisa saya posisisikan saja, karena siswa kelas VIII hanya 60 an siswa, sedangkan siswa kelas VII sampai 70 an siswa, sedangkan kalau kelas IX saya rasa mereka bisa meminta/meminjam/membeli dari kakak kelasnya yang sudah tamat. saya hanya mampu memcetak hanya sedemikian, itu pun harus mengeluarkan ratusan ribu atau bahkan jutaan. Harapan saya, setiap tahunnya ada donatur yang membantu kami dalam mencetak buku dan kemudian kami bagi secara gratis untuk siswa, ini harapan saya”, imbuh ustaz Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd selaku guru pengajar mata pelajaran Informatika.

Saya juga senantiasa berharap, semoga madrasah mau mengoleksi buku saya di perpustakaan madrasah setempat maupun di madrasah di lingkungan Kemeterian Kabupaten Aceh Utara dan di Kementerian Wiliyah Agama Provinsi Aceh, lanjut ustaz Zulkifli.

Demi kemajuan madrasah, maka sebaiknya setiap guru yang kreatif dan inovatif untuk dimotivasi agar senantiasa menulis dan menulis sehingga ada buku-buku karya guru medarasah untuk literasi dan kemajuan madrasah tentunya.