Resensi Buku: Problematika Fiqhiyah dan Solusinya

Nama Pengarang : Zulkifli, S.Pd.I,M.Pd
Penerbit : Pale Media Prima
Tahun Terbit : 2022
Tebal Buku : 183 halaman

Penulis merupakan putra kelahiran Desa Lhok Jok Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara dengan nama lengkap Zulkifli,S.Pd.I,M.Pd dan nama panggilan Tengku Joel Buloh.
Pendidikan umum yang beliau tempuh adalah SDN Cot Teungoh (sekarang SDN 8 Kuta Makmur), SMP N 1 Kuta Makmur, SMA Persamaan, S1 STAIN Malikussaleh (sekarang IAIN Lhokseumawe) dan S2 IAIN Lhokseumawe. Sedangkan pendidikan agamanya adalah di Dayah Malikussaleh Panton Labu Aceh Utara.
Pekerjaannya adalah guru di MTsN 6 Aceh Utara dan guru di Dayah Darul Falah Kuta Makmur, juga sedang merintis Balai Pengajiannya dengan nama Bale Beut Al-Alif Malikussaleh.
Pengalaman organisasinya sebagai anggota RAPI Aceh Utara Lokal Kuta Makmur, Pembina Pramuka Gugus Depan 07.207-07.208, Ketua Ancu Pontren Kwarcab Aceh Utara dan sebagai Sekretaris BKM Babul Falah Kuta Makmur.

Buku Problematika Fiqhiyah dan Solusinya adalah buku ke sembilan beliau yang didalamnya membahas 68 masalah-masalah fiqih yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Termasuk dalam pembahasannya adalah tentang orang yang meninggalkan shalat, istri yang masih kecil, memasukkan tangan kedalam air sedikit saat bersuci, lupa membasuh sebagian anggota wudhu’, terdapat duri pada anggota wudhu’ dan masalah-masalah penting lain yang senantiasa kita alami dalam kehidupan sehari-hari.
Mantapnya buku ini, dari setiap masalah yang dibahas langsung satu persatu diberikan solusinya lengkap dengan matan kitab. Tentunya sangat bagus dimiliki oleh setiap khalayak ramai.

Pembahasan buku ini sangat bermanfaat bagi umat semua lintas umur, namun bagi yang sudah baligh lebih utama memiliki buku ini.
Pembahasannya pun tidak diragukan lagi karena telah ditahqiq oleh 6 ulama Aceh, yaitu Dr. Tgk. H. Muhammad Zukhdi, Lc, MA (Baba Zukhdi) pimpinan Dayah Babussalam Alue Bili Aceh Utara yang juga seorang Dosen. Tgk. Ibnu Hajar (Ayah Hajar Panton) Sekretaris Umum Dayah Malikussaleh Panton Labu Aceh Utara, Tgk. Rusli Daud, S.HI, M.Ag (Waled Rusli) pimpinan Dayah Mishrul Huda Malikussaleh Lamjamee Aceh Besar, Tgk. Nashiruddin (Waled Blang Riek) pimpinan Dayah Darul Falah Kuta Makmur Aceh Utara, Tgk. Zakaria, S.HI (Abi Zakaria) Wadir III Ma’had Aly Dayah Malikussaleh Panton Labu Aceh Utara, dan Dr. Tgk. Mannan, M.Ed (Doktor Manan) pimpinan Dayah Takwinul Mumtazi Baktiya Aceh Utara dan juga Dosen di Pascasarjana IAIN Lhokseumawe.
Mantapnya buku ini juga di edit oleh editor handal, ulama muda dan juga dosen UIN Ar Raniry Dr. Teuku Zulkhairi, MA