MTsN 6 Aceh Utara Laksanakan Ujian Semester Genap Berbasis CBT

Aceh Utara : Dalam rangka mengikuti kemajuan teknologi dan digitalisasi, MTsN 6 Aceh Utara laksanakan ujian semester genap tahun ajaran 2023/2024 berbasis CBT, Senin, 27 Mei 2024.

Ujian berbasis CBT ini bukanlah yang pertama dilaksanakan di MTsN 6 Aceh Utara, bahkan sejak tahun 2016 sudah melaksanakan ujian dengan menggunakan e-learning.

Ujian kali ini ada dua versi, yaitu versi menggunakan android dan menggunakan komputer yang berada di lab komputer.

Teknis ujian dibuat dalam 5 ruang, 4 ruang menggunaka android dan 1 ruang menggunakan lab komputer.

per ruang terdiri dari 30 siswa dan 1 orang sebagai operator di server dan serta 2 orang pengawas.

M. Sufyan, S.Pd.I, M.Kom.I selaku kepala MTsN 6 Aceh Utara menjelaskan bahwa alhamdulillah untuk ujian sudah disiapkan, baik pengadaan router, kesiapan laptop sebagai server dan proktor serta teknisi. Intinya dalam kelancaran ujian diserahkan sepenuhnya kepada bapak Darkani, S.Pd.I selaku proktor dan bapak Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd selaku teknisi.

“Alhamdulillah, kesiapan ujian telah kami siapkan beberapa sebelum ujian, teknis ujian, instalasi server, setting router dan kesiapan ruangan, namun ada sedikit kendala di router yang baru yaitu jumlah client belum bisa masuk full sekali masuk harus memakai sistem tunggu, namun setelah ujian tadi selesai, telah kami coba setting lagi dan semoga besok ada perubahan dan ujian semakin lancar, kami berikhtiar semaksimal mungkin dan berdoa kepada Allah Swt”, ujar Darkani, S.Pd.I

Wakil kepala bagian Kurikulum ibu Murniati, S.Pd. I juga sangat mendukung ujian berbasis CBT ini dilaksanakan, karena banyak kemudahan yang terdapat disana walau ada sedikit kendalah dalam jumlah client yang masuk ke router. Juga ujian yang begini merupakan langkah digitalisasi yang sedang kami kembangkan di madrasah kami, pungkas ibu Murniati.

Kepala madrasah juga sangat berterima kasih kepada seluruh keluarga besar MTsN 6 Aceh Utara yang sudah ambil andil dalam menyukseskan ujian semester genap yang berbasis CBT ini.